Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
Kamis, 07 Maret 2013
Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
PENGERTIAN Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) berkembang dari istilah penelitian tindakan (action research) (Sanjaya,
hal. 24). Oleh karena itu, untuk memahami pengertian PTK perlu ditelusuri
pengertian penelitian tindakan terlebih dahulu. Penelitian tindakan mulai
berkembang di Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh
mereka yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi &
Suwandi, hal. 24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk
terjun mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan. Mereka berarti
langsung mempraktikkan tindakan yang telah direncanakan dan mengukur kelayakan
tindakan yang diberikan tersebut. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan
adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti
dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka
(Sanjaya, hal. 24). Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang
lebih luas daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu
di luar pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran,
manajemen, dan industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian
tindakan yang berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan
sebuah kelas, maka penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK.
TUJUAN PTK Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas
pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah
pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK
adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah,
meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi
pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar