KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRU
MEN
|
||||||
1.1 Menggunakan
Alat Ukur Vernier Caliper untuk pengukur presisi Element
|
Alat Ukur Vernier Caliper
|
1. Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa
2. Menyajikan informasi yang
berkesinambungan dengan materi.
|
Kognitif
Produk
1.
Menentukan jenis peralatan presisi
yang tepat untuk memperoleh hasil yang dibutuhkan.
2.
Mengetahui teknik
pengukuran yang benar dan tepat.
3. Menginterpretasikan secara benar dan akurat
pada hasil pengukuran
4.
Mengetahui keuntungan dan kerugian dari berbagai jenis alat ukur.
Proses
Menganalisis jenis peralatan presisi yang tepat untuk memperoleh hasil yang
dibutuhkan, teknik pengukuran
yang benar dan tepat, dan keuntungan
dan kerugian dari berbabagi
jenis alat ukur
|
-
Tugas individu
-
Tugas
kelompok
|
-
Tes
Uraian
|
Lembar Penilaian I
|
2 x 45 menit
|
-
Buku siswa
-
Bahan baku
-
Tayangan Power Point
|
-
Tugas
terbimbing
|
-
Non tes
|
|
||||||
Afektif
a.
Perilaku Berkarakter : Jujur, teliti, disiplin, sikap ingin tahu, percaya diri, mengemukakan ide, dan terbuka pada ide baru.
b.
Keterampilan Sosial : melatih kerjasama, tanggung jawab, dan saling
menghargai.
|
-
Sikap
|
-
Non tes
|
Lembar Penilaian II: Pengmatan Perilaku Berkarakter
Lembar Penilaian III: Pengmatan Keterampilan
Sosial
|
|
||||
|
|
1. Melakukan pengukuran benda kerja dengan posisi dan
metode yang benar.
2. Mengukur benda kerja dengan posisi dan metode yang
benar
|
Psikomotor
Melakukan
pengukuran menggunakan alat ukur vernier caliper secara akurat sampai graduasi
terkecil dari suatu instrumentasi.
|
|
|
Lembar Penilaian IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Untuk mengukur diameter luar sebuah benda (misalnya kelereng) dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut
Untuk mengukur diameter dalam sebuah benda (misalnya diameter dalam sebuah cincin) dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
Untuk mengukur kedalaman sebuah benda/tabung dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
a.
Pendahulan (±5 menit)
|
|
|
|
|
Fase
1: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan
memotivasi siswa.
|
|
|
|
|
1.
Guru memotivasi siswa dengan
menunjukkan beberapa contoh alat ukur vernier caliper.
|
|
|
|
|
2.
Siswa menjawab berdasarkan
hipotesis awalnya dan materi yang mereka dapatkan sebelumnya.
|
|
|
|
|
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
|
|
|
|
b.
Kegiatan Inti (± 35 menit)
|
|
|
|
|
Fase
2: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar.
|
|
|
|
|
1.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar dengan anggota masing-masing kelompok sekitar 4-5
orang.
|
|
|
|
|
2.
Membagikan Buku siswa dan LKS.
|
|
|
|
|
Fase
3: Membimbing penyelidikan autentik
|
|
|
|
|
1.
Memberikan alat ukur vernier caliper dan material sebagai bahan percobaan dan memberi penjelasan cara
melakukan percobaan.
|
|
|
|
|
Fase
4 : Membimbing siswa mengembangkan karya.
|
|
|
|
|
1.
Membimbing siswa melakukan percobaan menggunakan dan membaca hasil
pengukuran alat ukur vernier caliper.
|
|
|
|
|
c. Penutup (± 5 menit )
|
|
|
|
|
Fase
5 : Menyimpulkan hasil belajar secara terbimbing
|
|
|
|
|
1.
Meminta siswa menuliskan
hasil percobaan pada LKS serta membuat simpulan tentang hasil percobaan.
|
|
|
|
|
2.
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil percobaan.
|
|
|
|
|
3.
Guru mengingatkan siswa untuk
belajar bab selanjutnya.
|
|
|
|
|
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
(RTK)
|
Memerlukan
perbaikan
(D)
|
Menunjukkan
kemajuan
(C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik
(A)
|
1.
|
Jujur
|
|
|
|
|
2.
|
Teliti
|
|
|
|
|
3.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
5.
|
Sikap ingin tahu
|
|
|
|
|
6.
|
Terbuka pad aide baru
|
|
|
|
|
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
(RTK)
|
Memerlukan
perbaikan
(D)
|
Menunjukkan
kemajuan
(C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik
(A)
|
1.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
2.
|
Saling menghargai
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar